Minggu, 14 Juli 2013

3 Faktor Pembentuk Kepribadian

Imam Ali Radiallahu’anhu pernah berkata;
1. Jadilah manusia yang paling baik disisi Allah Subhanahu wata’ala
2. Jadilah manusia yang paling buruk dalam pandangan dirimu
3. Jadilah manusia biasa dalam pandangan orang lain.

Syekh Abdul Qadir Jaelani berkata;
Bila engkau bertemu dengan seseorang, hendaknya engkau memandang dia itu lebih utama dari pada dirimu dan katakanlah dalam hatimu;
“Boleh jadi dia lebih baik disisi Allah dari pada diriku dan lebih tinggi derajatnya”

Jika orang yang lebih kecil dan lebih muda umurnya dari pada dirimu, maka katakanlah dalam hatimu“ Boleh jadi orang kecil ini tidak banyak berbuat dosa kepada Allah sedangkan aku adalah orang yang telah banyak berbuat dosa, maka tidak diragukan lagi kalau derajat dirinya jauh lebih baik dari pada aku”.

Bila dia orang yang lebih tua ; hendaknya engkau mengatakan dalam hati “ Orang ini telah lebih dahulu beribadah dari pada diriku”

Jika dia orang Alim, maka katakanlah dalam hatimu; “Orang ini telah diberi oleh Allah sesuatu yang tidak bisa aku raih dan telah mendapatkan apa yang tidak bisa aku dapatkan.

Dalam pandangan islam semua manusia sama, tidak dibeda-bedakan karena setatus, sosial, harta, tahta, keturunan atau latar belakang pendidikannya. Manusia yang paling tinggi disisi Allah adalah manusia yang paling tinggi kadar ketakwaannya.

Ya Allah jadikanlah kami golongan orang yang pandai bersabar dan bersyukur. Jadikanlah kami orang yang hina menurut pandangan diriku sendiri. Dan jadikanlah kami orang yang besar menurut pandangan orang lain.

~Semoga Bermanfaat~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar