Minggu, 19 Januari 2014

Wanita berbulu sulit punya anak? Benarkah?

Liputan6.com, Bagi wanita yang memiliki bulu halus di atas bibir atau kumis tipis, kaki, tangan dan perut mulailah waspada mungkin ada gangguan ketidakseimbangan hormon atau disebut Polycystic Ovary (PCO). Gangguan ini dapat menyebabkan wanita mengalami kesulitan untuk hamil.

Menurut Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Subspesialis Fertilitas dan Hormon Reproduksi Ahli Bedah Laparoskopi, Kiel, Jerman, Dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG (K), penderita PCO memiliki tanda-tanda hiperandrogenik yaitu hormon androgen yang berlebihan sehingga memicu pertumbuhan bulu halus di beberapa tempat.

"Penderita PCO atau ketidakseimbangan hormon memiliki tanda-tanda adanya bulu halus di atas bibir, kaki, tangan, perut, dada, dagu, punggung dan payudara. Masalah PCO ini dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil, selain itu juga berisiko sindroma metabolik seperti hipertensi, diabetes, hiperkolestrolemia, hipertrigliseridemia, dan Obesitas. Namun tidak semua yang wanita yang memiliki banyak bulu termasuk penderita PCO, untuk mengetahuinya lakukan pemeriksaan ke dokter. ," kata Dr. Caroline, Jumat (17/1/2014)

PCO atau yang dikenal dengan ovarium polikistik merupakan kondisi ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan sel telur tetap kecil, tidak ada yg berkembang menjadi sel telur besar dan matang untuk bisa dibuahi oleh sel sperma.

"Dengan kata lain, peristiwa Ovulasi atau pecahnya sel telur yang matang tidak terjadi, sehingga tidak mengherankan penderita PCO datang ke seorang ahli Fertilitas dengan keluhan sulit hamil dan haid yang tidak teratur," kata Dr. Caroline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar