Kamis, 19 Desember 2013

Hukum Sumpah “Demi Allah, Demi Rasulullah”

Allah Swt bebas bersumpah dengan apapun yang Dia kehendaki dari makhluknya. Sementara kita, kita tidak boleh bersumpah kecuali dengan Allah, karena bersumpah dengan yang selain-Nya adalah salah satu bentuk tindak kemuysrikan dan bahkan bisa menjerumuskan kepada kekufuran. Nabi Saw mengingatkan dalam haditsnya:

(( من حلف بغير الله فقد كفر أو أشرك ))
“Barang siapa yang bersumpah dengan selain Allah maka sungguh dia telah berbuat kekufuran atau syirik”

Belakangan ini di Indonesia, sering penulis mendengar dari beberapa orang, bahkan juga dari adegan-adegan film di televisi sebuah sumpah yang menggunakan rasululullah sebagai media sumpahnya, mereka mengatakan “ Demi Allah, Demi Rasululullah” sungguh ini merupakan sebuah tindakan yang merupakan sebuah kesyirikan seperti yang telah disebutkan hadits diatas, karena ini termasuk bersumpah dengan selain Allah.

(( ألا إن الله ينهاكم أن تحلفوا بآباءكم, فمن كان حالفا فليحلف بالله أو ليصمت ))
“ingatlah, sesungguhnya Allah melarang kalian untuk bersumpah dengan bapak/ayah kalian, maka siapapun yang ingin bersumpah, hendaklah bersumpah dengan Allah atau lebih baik diam!!”

Bersumpah dengan Allah itu tidak hanya sebatas dengan nama Allah saja, kita juga boleh bersumpah dengan sesuatu yang selain “Demi Allah” tetapi tetap kembali kepada Allah, misalnya: “Demi Rabb Ka’bah, Demi yang Membolak-balikkan hati, Demi yang yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dll” yang penting semuanya kembali kepada Allah.

NB. Bagi saudara-saudaraku, jangan lagi mengunakan “Demi Rasulullah” untuk bersumpah, karena ini termasuk ke dalam kesyirikan yang sangat besar dosanya disisi Allah, bagi yang pernah menggunakan ini maka segeralah istighfar kepada Allah dan jangan diulangi lagi, sampaikan juga pada saudara-saudara kita yang lain. Jika memang ingin bersumpah, maka bersumpahlah hanya dengan Allah saja.

Demikianlah tulisan singkat ini semoga bisa bermanfaat dan menjadi amal jariyah buat kita semua… Wallahu a’lam.

Ya Allah... Jauhkanlah kami dari Fitnah - fitnah dunia dan Wafatkanlah kami dalam keadaan Islam.

Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar