Jumat, 03 Mei 2013

Sabda Nabi SAW

Sabda Nabi SAW:

“Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang kamu cintai mereka dan mereka mencintai kamu, kamu mendoakan mereka, mereka mendoakan kamu. Pemimpin yang jahat ialah pemimpin yang kamu benci mereka, mereka juga membenci kamu dan kamu melaknat mereka, mereka juga melaknati kamu”. Baginda ditanya: “Tidak bolehkah kami perangi mereka dengan pedang?” Jawab baginda: “Tidak, selagi mana mereka mendirikan solat. Ingatlah, sesiapa yang seseorang penguasa berkuasa ke atasnya, lalu dia dapati penguasa itu melakukan maksiat kepada Allah, maka hendaklah dia membenci maksiat tersebut namun jangan dia mencabut tangan dari ketaatan” 
(Riwayat al-Bukhari dan Muslim).




Dari Abu Darda' Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju surga, sesungguhnya malaikat akan meletakkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha dengan apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya seorang yang mengajarkan kebaikan akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit maupun di bumi hingga ikan yang berada di air. Sesungguhnya para ulama itu pewaris para nabi dan sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar tidak juga dirham, yang mereka wariskan hanyalah ilmu dan barangsiapa yang mengambil ilmu itu, maka sungguh ia telah mendapatkan bagian yang banyak.” [HR Ahmad 5/196, Abu Daud 3641, Tirmidzi 2682, Ibnu Majah 223, dan Ibnu Hibban 80]



Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam :
"..setiap anak adam pasti sering melakukan dosa dan kesalahan dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah orang yang rajin bertaubat.. "
(HR.Tirmidzi, ibnu majah, hasan)




Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam bersabda :

".. Apabila seseorang itu meninggal, terputuslah segala amalanya kecuali 3 perkara : (1)sedekah jariyah yang bermanfaat, 

(2)ilmu yang memberi kebaikan dan diajarkan kepada orang lain, 

(3)anak yang sholeh yang senantiasa mendo'akan kebaikan kepada ibu dan bapaknya.."
(HR.Muslim)






Rasulullah SAW Bersabda :

Anak-anak sebelum sampai ia baligh maka apa-apa yang di perbuat nya daripada kebaikan maka di tuliskan untuknya dan kedua ibu bapaknya.

Dan apa yang di perbuat nya daripada kejahatan maka tiadalah di tulis untuk nya dan tidak pula di tulis untuk kedua ibu bapaknya. Apabila ia telah baligh maka berlakulah yang di tulis itu atasnya ia itu segala amal baik atau buruknya. ( H.R. Imam Anas bin Malik r.a.)

Sabda Rasulullah SAW ;
"Siapa yang menyampaikan satu ilmu dan orang membaca mengamalkannya maka dia akan beroleh pahala walaupun sudah tiada." (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar